0812 9297 8527 & 0822 9776 5505 [email protected]

Identik perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT atas kelahiran bayi. seperti pemotongan hewan kurban saat Idul Adha, dengan niat dan tata cara berbeda.  Rasa syukur tersebut dengan memotong kambing dan dibagikan kepada saudara, tetangga, dan mereka yang membutuhkan.

Dasar Hukum

Mayoritas ulama yang berpendapat hukumnya adalah sunnah muakad. Bila mampu untuk melakukannya, orangtua dianjurkan untuk  melakukannya saat masih bayi.

“Semua anak tergadaikan dengan aqiqahnya yang disembelihkan pada hari ketujuh, dicukur rambutnya, dan diberikan nama.” (HR Ahmad 20722, At-Turmudzi).

Tata Cara Aqiqah Anak

Sesungguhnya tata cara pelaksanaan antara laki-laki dan perempuan sama saja. Hal yang membedakannya hanyalah pada jumlah hewan yang disembelih.

Laki-laki

Hadits laki-laki satu ekor kambing atau domba 

“Rasulullah mengakikahi Al Hasan dan Al Husain, masing-masing satu ekor gibas (domba).” (HR. Abu Daud).

Diamini oleh sebagian Ulama Hanafiyah dan Malikiyah (Madzhab Hanafi dan Mazhab Maliki)

Hadits laki-laki dua ekor kambing atau domba

“Siapa dari kalian yang suka menyembelih atas kelahiran maka lakukanlah, laki dua ekor kambing yang cukup syarat, wanita dengan satu ekor” (HR An-Nasaa-i).

jumlah kambing (yaitu dua ekor kambing bagi laki-laki) bukanlah syarat, namun hanya sekedar disunnahkan (dianjurkan) saja.

Perempuan

“Siapa dari kalian yang suka menyembelih atas kelahiran anak maka lakukanlah, anak laki dua ekor kambing yang cukup syarat, anak wanita dengan satu ekor” (HR Ahmad).

Aqiqah Anak

Waktu Aqiqah Anak

Yang terbaik adalah di saat masih kecil atau bayi namun jika ada halangan maka dapat dilakukan sampai ada kemampuan, bahkan jika sudah dewasa sekalipun.

Hewan yang dianjurkan adalah kambing atau domba. Setelah proses penyembelihan hewan dan membagikannya (boleh juga membagikan dalam dalam bentuk daging mentah) ke sanak saudara, tetangga, serta orang yang membutuhkan, jangan lupa untuk mencukur rambut Si kecil dan memberikan nama yang baik sebagaimana sabda Nabi SAW.

Jenis Kambing atau Domba untuk Aqiqah Anak

Di Indonesia biasanya menyembelih jenis kambing atau domba :

  1. Kambing Jawa randu
  2. Kambing Rambon
  3. Kambing Kacang
  4. Domba Priangan
  5. Domba Crossing Merino
  6. Domba Ekor Tipis
  7. Domba Ekor Gemuk

.